23 Apr 2013


KATEGORI SOSIAL


1)         Pengertian Kategori Sosial
Kategori sosial adalah kesatuan manusia yang terwujud dengan adanya suatu ciri – ciri yang objektif yang di kenakan kepada manusia – manusianya.Seperti misalnya seks,usia,pendapat,dan lain-lain.Ciri khas tersebut di lakukan dengan maksud untuk memudahkan penggolongan dalam suatu tujuan dan biasanya di kenakan oleh pihak luar tanpa disadari oleh pihak yang bersangkutan.Pada konsep kategori sosial mengarah pada suatu “kerumunan”.Jadi,kategori sosial tidak memenuhi syarat yang disebut masyarakat seutuhnya.

2)         Jenis Interaksi Kategori Sosial
Ada 3 jenis interaksi pada kategori sosial,yaitu:
Ø  Tidak ada interaksi antar anggota.
Didalam suatu kerumunan tidak ada komunikasi antar individu.Misalnya:ada stand bazar,banyak orang berkerumun sambil melihat-lihat barang.
Ø  Tidak ada ikatan moral bersama yang dimiliki.
Didalam suatu kerumunan tidak ada ikatan moral yang dimiliki bersama.Misalnya:terjadi sebuah kecelakaan,banyak orang yang berkerumun melihat korban tetapi tidak ada satupun yang menolong.Mereka hanya melihat korban lalu pergi lagi.
Ø  Tidak ada harapan-harapan peran.
Didalam suatu kerumunan tidak ada harapan – harapan peran yang dimiliki secara bersama.Karena didalam suatu kerumunan itu tidak ada yang saling mengenal.Misalnya:di pasar ada obral,dan orang- orang hanya datang berkerumun untuk melihat-lihat barang karena tidak punya harapan untuk membeli.



3)        Peranan dalam Pelayanan KIA (Kesehatan Ibu dan Anak)
Berupaya menurunkan angka kematian ibu dan anak,dan angka kelahiran kasar.Terbukti dari hasil -  hasil survei yang menunjukkan penurunan angka kematian ibu dan anak,angka kelahiran kasar.Upaya untuk meningkatkan derajat KIA melalui program pembangunan kesehatan perlu memperhatikan aspek sosial budaya.


Referensi:
v  Departemen Kesehatan RI,Sosial Budaya Dasar M.4.103.Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan,1995.Yogyakarta
v  Sosiologi Suatu Pengantar
v  Sosial Budaya Dasar
v  Pengantar Ilmu Antropologi

1 komentar: