17 Mei 2013


Tips Mengatasi
MUAL MUNTAH SELAMA AWAL KEHAMILAN


MUAL dan muntah terjadi pada 60%-80% wanita dengan kehamilan pertama dan 40-60% pada wanita yang sudah pernah hamil. Satu di antara 1.000 kehamilan, gejala-gejala ini menjadi lebih berat. Gejala-gejala ini kurang lebih terjadi 6 minggu setelah hari pertama haid terakhir dan berlangsung selama sekitar 10 minggu. Mengapa ini bisa terjadi?
Profil MORNING SICKNESS
Mual muntah atau sering disebut sebagai morning sickness biasanya terjadi pada masa 3 bulan awal kehamilan.

 
Setiap wanita hamil akan memiliki tingkat derajat mual yang berbeda-beda, ada yang tidak terlalu merasakan apa-apa, tapi ada juga yang merasa mual dan bahkan ada yang merasa sangat mual dan muntah setiap saat sehingga memerlukan pengobatan. Hal ini biasa disebut sebagai Hiperemesis Gravidarum.
Apa Sich Penyebabnya
·      Perasaan mual disebabkan meningkatnya kadar hormon estrogen dan HCG dalam serum.
·     
Umumnya wanita dapat menyesuaikan dengan keadaan ini, meski gejala mual dan muntah berat dapat berlangsung sampai 4 bulan.


Tips untuk mengatasi “Morning Sickness” atau mual-muntah selama awal kehamilan:
*   Makan dalam jumlah sedikit tapi sering, jangan makan dalam jumlah atau porsi besar hanya akan membuat anda bertambah mual. Berusahalah makan sewaktu anda dapat makan, dengan porsi kecil tapi sering.
*   Makan makanan yang tinggi karbohidrat dan protein yang dapat untuk membantu mengatasi rasa mual anda. Banyak mengkonsumsi buah dan sayuran dan makanan yang tinggi karbohidrat seperti roti, kentang, biscuit, dll
*  
Di pagi hari sewaktu bangun tidur jangan langsung terburu-buru terbangun, cobalah duduk dahulu dan baru perlahan berdiri bangun. Bila anda merasa sangat mual ketika bangun tidur pagi siapkanlah snak atau biscuit didekat tempat tidur anda, dan anda dapat memakannya dahulu sebelum anda mencoba untuk berdiri.
*   Hindari makanan yang berlemak, berminyak dan pedas yang akan memperburuk rasa mual anda.
*   Minum yang cukup untuk menghindari kekurangan cairan akibat muntah. Minumlah air putih, ataupun juice. Hindari minuman yang mengandung kafein dan karbonat.
*  
Istirahat dan relax akan sangat membantu anda mengatasi rasa mual muntah. Karena bila anda stress hanya akan memperburuk rasa mual anda. Cobalah beristirahat yang cukup dan santai. Hadapilah kehamilan anda dengan kebahagian, karena ini adalah anugerahNya.

Ingat! Hubungi dokter anda bila mual-muntah menjadi sangat hebat, sehingga anda tidak dapat makan atau minum apapun juga sehingga dapat menimbulkan kekurangan cairan/dehidrasi. (Hiperemesis Gravidarum)
PERCAYALAH--Morning sickness atau mual muntah pada kehamilan awal ini akan segera berlalu tanpa anda sadari dan ini akan menjadi salah satu pengalaman menarik selama kehamilan anda---bayangkan saja tentang si kecil yang akan segera hadir membawa sejuta 6kebahagian.:)
------------------------------
Sumber:
http://www.siaksoft.net/index.php download pada 27 juni 2008



 









Tidak ada komentar:

Posting Komentar